Berita >>
Selasa, 17 September 2013 | 09:39 WIB

KPU Sleman tetapkan 782.565 pemilih Pemilu 2014

Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta dalam rapat pleno terbuka, Jumat sore, menetapkan 782.565 orang masuk ke Daftar Pemilih Tetap Pemilu 2014. 
"Daftar pemilih tetap (DPT) ini disetujui oleh seluruh peserta rapat, baik itu dari unsur pemerintah maupun partai politik dan DPRD," kata Komisioner KPU Sleman Hazwan Iskandar Jaya. Menurut dia, jumlah nama dalam DPT yang ditetapkan tersebut lebih banyak dari Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPS HP) yang berjumlah 781.392 nama.

"Tambahan pemilih ini terjadi karena banyak mahasiswa luar daerah yang akan menggunakan hak pilihnya di Sleman. Tambahan pemilih paling banyak dari kalangan mahasiswa yang akan mencoblos di Sleman," katanya. Ia mengatakan, jumlah mahasiswa luar daerah yang akan mencoblos di Sleman sebanyak 4.222 orang.

"DPT Kabupaten Sleman terdiri dari laki-laki 379.271 dan perempuan 403.294 pemilih," katanya. Hazwan mengatakan, perubahan DPT ini mengakomodasi masukan dari masyarakat yang mencermati DPS. "Ada sejumlah masukan dari masyarakat terkait DPS maupun DPSHP, seperti nama ganda, anggota TNI/Polri yang terdata, `disable`, pindah domisili dan lainnya. Namun setelah ada masukan tersebut jumlah DPT justru bertambah," katanya.

Ia mengatakan, pleno terbuka mensyaratkan KPU menerima masukan atau tanggapan. "Data pemilih yang sudah kami tetapkan dan rekap per kecamatan, apakah ada masukan dari panwas atau pihak lain saat itu juga langsung dilakukan perbaikan," katanya. Tentu, DPT ini merupakan data vital bagi pemilu. Disamping sebagai ukuran dalam menentukan jumlah logistik pemilu, yang tak kalah pentingnya adalah sebagai upaya pemetaan peserta pemilu dalam menggaet suara pemilih.

Copyright 2012 KPU Kabupaten Sleman