Berita >>
Rabu, 30 Januari 2013 | 07:06 WIB

PARPOL DIMINTA DAFTARKAN PELAKSANA KAMPANYE

Sleman. Sejak penetapan parpol peserta pemilu dan penetapan nomor urut parpol oleh KPU, maka parpol telah diperkenankan untuk melaksanakan kampanye. Meski pelaksanaannya melalui pertemuan terbatas, pertemuan tatap muka, penyebaran bahan kampanye kepada umum dan pemasangan alat peraga hingga 5 April 2014 mendatang.


Namun demikian, menurut Hazwan Iskandar Jaya, Anggota KPU Sleman dari Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Hupmas dan SDM KPU Sleman, sebelum parpol melaksanakan kampanye perlu mendaftarkan terlebih dahulu hingga 11 Februari mendatang.


“KPU telah menerbitkan Peraturan KPU No. 1 Tahun 2013 tentang Pedoman Pelaksanaan Kampanye Pemilu Anggota DPR, DPD dan DPRD. Peserta pemilu diharapkan mengisi formulir Model AB yang telah disediakan oleh KPU,” jelas Hazwan.


Pada prinsipnya, menurut Hazwan, kampanye pemilu dilakukan dengan prinsip efisien, ramah lingkungan, akuntabel, nondiskriminasi, dan tanpa kekerasan. Kampanye merupakan sarana partisipasi politik warga Negara dan bentuk kewajiban peserta pemilu dalam memberikan pendidikan politik. “Kampanye dilakukan dalam rangka membangun komitmen antara warga Negara dengan peserta pemilu. Parpol dan Calon Anggota DPD dapat menawarkan visi, misi, program dan informasi lainnya untuk meyakinkan pemilih dan mendapatkan dukungan sebesar-besarnya,” tandas Hazwan lagi.


Masih dikatakan Hazwan, pelaksana kampanye Pemilu anggota DPR, DPR Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota adalah pengurus partai politik, calon anggota legislatif, juru kampanye, orang seorang dan organisasi yang ditunjuk oleh peserta pemilu (parpol). “Namun, pelaksana kampanye wajib didaftarkan oleh peserta pemilu kepada KPU Sleman, yang ditembuskan kepada Panwaslu Kabupaten Sleman,” ujar Hazwan mengakhiri perbincangan.

Copyright 2012 KPU Kabupaten Sleman